Sabtu, 29 November 2008

Film Indie


Film Indie atau disebut juga film indipenden, adalah film yang bebas dalam segala aspek penggarapan mulai dari persiapan hingga finishing serta pem-publikasi-annya.

Untuk berproses sesuai ekspresi dan idealisme tanpa harus memperhitungkan untung rugi, tidak seperti apa yang diperhitungkan oleh para pembuat tersebut, yang penting senang sesuai tujuan/minat yang didinginkannya.

Berbicara mengenai film indie, di Indonesia sendiri batasan soal film indie masih belum jelas. Seperti yang diutarakan oleh Tina dari Komunitas 12,9 AJ, yang mengatakan bahwa sejauh ini pengertian film indie masih rancu.

''Kadang banyak yang bilang soal batasan biaya. Kalau biaya yang dihabiskan untuk membuat film indie lebih dari puluhan atau ratusan juta, tidak dapat dikatakan film indie lagi. Kalau menurut aku, film indie itu bukan soal biaya, tapi menyangkut kemandirian dari komunitas,'' papar mahasiswa Universitas Atma Jaya itu.

Kemandirian, dimaksudkannya berkaitan erat dengan kemerdekaan ide dan juga sebuah komunitas untuk mengeksplorasi ide. Berbeda dengan Irwan, juga dari Zerosith Pictures, yang mengatakan bahwa film indie merupakan idealisme dari pembuatnya

cak din

Tidak ada komentar: